Rabu, 04 Februari 2015

KITAB TASAWWUF

 “ SHAUTUL HIDAYAH “


ا عوذ بالله من الشطان الر جىم ,  بسم الله الر حمن الر حىم             


   "(2) Roh kedua , dalam pengertian “ Roh “ yang kedua inilah suatu kejadian dari Alam keanehan Tuhan yang bisa jua di sebut “Latifah Rabbaniyyah” yaitu serupa pengertian “Qalbu” pada pengertian yang kedua diatas tadi.



   Oleh sebab itu “Roh” dan “Qalbu” masing-masing dengan pengertian yang keduanya , maka adalah sama pada hakikat dalam arti yang satu kejadian Tuhan yang kecil (Latifah rabbaniyyah) "



(Kitab Shautul Hidayah , hlm 13)



Alhamdulillah , Memasuki pengertian Roh pada artian kedua , setelah pada bahsan sebelumnya pada pengertian roh yang pertama atau yang zahir atau yang dapat dilihat dan disentuh.Roh pada pengertian kedua ini ialah arti roh yang sebenarnya.



Yakni suatu kejadian dari Alam yang Suci dan terang benderang dan bersih , atai disebut Latifah Rabbaniyyah yakni kejadian kecil dari Tuhan.Pengertian roh yang kedua ini sama dengan pengertian qalbu yang kedua jua , yakni sama-sama dari suatu kejadian Tuhan yang kecil dari Alam yang suci , atau dari alam Rohaniyyah juga yang tak dapat dilihat dengan panca indra zahir manusia , namun bisa dilihat dengan Bathin yang sudah bersih dan cemerlang jua


oleh sebab itu Roh dan Qalbu pada hakikatnya adalah sama jua , namun apabila fungsinya beda maka beda juga namanya , yakni sama-sama Latifah Rabbaniyyah jua.


Wallahu Warasuuluhu A'lam


Previous Post Next Post Home